Cara Membayar Denda Tilang

Saya tertarik dengan artikel Om NH18 berjudul ODS (One Day Service). Tulisan beliau menceritakan pengalaman mengurus sesuatu di kantor Badan Pertanahan Nasional yang cepat dan tepat.

Menurut hemat saya, jaman sudah berubah, selayaknya instansi yang melayani masyarakat sudah mulai berbenah diri. Pelayanan nguler kambang, alon-alon, mbulet, bertele-tele sudah waktunya ditinggalkan. Kesemrawutan harus segera diganti dengan sistim baru yang lebih bagus,cepat dan membahagiakan masyarakat. Saya kadfang masih ndongkol ketika membayar sesuatu memakan waktu yang lama.”Mau mbayar saja susah apalagi minta,” begitu keluhan saya. 

Beberapa instansi sudah mulai memberlakukan pembayaran sesuatu melalui ATM. Josss. Kini bayar  pajak kendaraan  dan pajak-pajak yang lain,listrik, telepon, kartu kredit, kirim dan terima uang, dan lain-lainya sudah bisa dilakukan melalui ATM.

Saya akan cerita sedikit tentang cara membayar denda tilang di sebuah negara yang pernah saya tinggali beberapa bulan.

tahun 1989, di Nambia, saya bertiga kena tilang karena bayar parkir kurang dari seharusnya. Maklum masih ndesit. Parkir di depan gedung Kalahari di Windhoek itu sudah menggunakan alat khusus. Denga memasukkan koin ke alat itu maka biaya parkir sudah lunas. Sayangnya kami tidak tahu bahwa semakin lama parkir semaki bertambah koin yang harus dimasukkan. Kami berjam-jam berada di gedung itu sehingga koin sebesar 2 Rand tak cukup. Alhasil di wipper mobil ada kertas tilang. Pasti yang meletakkan petugas yang lirak-lirik mobil yang melanggar.

Kamipun bertanya kepada penduduk lokal. Dia menjelaskan cara membayar denda tilang tersebut yaitu di kantor khusus yang melayani pembayara denda.

Setibanya di kantor tersebut kami membayar sesuai ketetuan. Beres, nggak sampai 30 menit.

Cara membayar denda tilang di Indonesia masih merepotkan,bukan.

Bagaimana jika pemberian tilang dan pembayarannya lebih dipermudah dan agar uang kita langsung meluncur ke kas negara ? Perlu dikaji untuk meemukan sistim yang tepat.

Silahkan share pendapat sahabat.

Incoming search terms:

  • cara bayar tilang lewat atm
  • bayar tilang lewat atm
  • cara bayar tilang via atm
  • cara membayar denda melalui atm
  • pembayaran tilang melalui atm
  • Cara membayar tilang melalui atm
  • cara bayar tilang di atm
  • cara membayar denda lalu lintas di atm
  • cara pembayaran tilang via atm

1 Comment

Skip to Comment Form ↓
  1. Lidya says:

    mudah-mudahan sih gak sampai kena tilang Dhe, tapi buat jaga2 infonya bermanfaat banget

    sip, lengkapi surat nyata diri dan perlengkapan motor

Leave a comment