Cara Mengamankan Kartu ATM yang Tertelan Mesin ATM

Cara Mengamankan Kartu ATM yang Tertelan Mesin ATMCara mengamankan kartu ATM yang tertelan mesin ATM ini saya buat berdasarkan pengalaman pribafi.

Beberapa hari yang lalu kartu ATM saya tertelan oleh mesin di sebuah supermarket. Ini memang kesalahan aya yaitu teledor saat membayar beberapa tagihan rekening. Pada saat pembayaran tagihan terakhir kartu ATM sudah berada di mulut mesin, tanda lampu berkedip disertai suarapun sudah aktif. Sayangnya saya masih sibuk mencari slip tagihan rekening yang lain tanpa mencabut kartu ATM tersebut. Tak lama kemudian kartu itu tertelan.

Tindakan awal yang saya lakukan adalah menghubungi pihak bank yang mengeluarkan ATM melalui call center yang nomornya tertera di mesin ATM. Petugas yang membidangi kartu menerima laporan saya dengan baik dengan menanyakan data pribadi, lokasi mesin ATM dan sebagainya. Selanjutnya petugas memberitahukan bahwa kartu ATM akan di blokir agar tidak disalahgunakan oleh orang lain.

Pada akhir layanan petugas memberitahukan bahwa kartu telah diblokir dan saya dianjurkan untuk mengajukan permohonan kartu serupa di bank terdekat dengan membawa buku tabungan dan Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Pada keesokan harinya saya menuju bank tempat kartu ATM diterbitkan. Setelah mengisi data termasuk menandatangani Surat Keterangan Kartu ATM Tertelan di Mesin ATM maka Customer Services Officer membuatkan kartu ATM baru. Untuk keprrluan tersebut saya hanya dibebani b iaya materai sebesar Rp.6.000. Kartu ATM yang baru sudah diberikan kepada saya dan selanjutnya saya harus ke teller untuk mengambil PIN.

Pembuatan kartu ATM cukup cepat dan segera dapat digunakan setelah 45 menit terhitung mulai kartu dikeluarkan.

Ketika saya menanyakan kapan mesin ATM mulai menelan kartu, CSO menjawab jika selama 8 detik kartu itu berada di mulut mesin dan tak diambil oleh pemiliknya. maka otomasti akan ditelan mesin.

Cara mengamankan kartu ATM yang tertelan mesin ATM ini semoga bermanfaat. Intinya hati-hati, jangan biarkan kartu anda berada di mulut mesin, segera ambil agar tak tertelan mesin. Setelah itu laporkan ke pihak bank agar kartu anda segera di blokir.

Incoming search terms:

  • kartu atm tertelan
  • atm tertelan
  • kartu atm tertelan mesin atm
  • atm tertelan mesin
  • cara mengatasi kartu atm yang tertelan
  • kartu atm bca tertelan
  • kartu ATM Ketelen
  • cara mengatasi atm tertelan
  • cara Mengeluarkan kartu atm yang tertelan
  • kartu atm ketelen mesin atm

18 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Didah says:

    hi sama aku juga pernah pak de

    ah sama Didah saya gak pernah kok..jangan pitnah dong

  2. [...] berada di sebuah bank untuk mengajukan kartu ATM karena kartu yang lama ditelan oleh mesin ATM, saya diberi kartu antri yang bentuknya mblebek dengan ukuran agak besar. Kartu terbuat dari bahan [...]

  3. Nchie Hanie says:

    Akuu pernah Dhe kaya gitunya..
    Ada atm, yang biasanya keluar uang dulu, baru ambil kartunya..
    Waktu itu , antrian panjang banget, loh kok bunyi apa itu, keras banget di mesin ATM, aku panik, kelamaan ga di ambil, akhirnya tertelan , dan bubar jalan antrian hehe..Malu banget..langsung di tangani sama petugasnya deh.
    Ternyata mesin Atm disini, harusnya ambil kartu ATM dulu, baru uangnya keluar, aku kan ga tauuu, ko beda yaaa..

    ada yang keluar uang dulu ambil kartunya dan sebaliknya
    ada yang gak keluar uangnya, tapi keluar kartunya dan ada tulisan ” wheak..wheak…uang habis kok nekad ambil” ha ha ha ha

  4. wah, kok cepet banget ya, 8 menit.
    kalo disini berapa lama ya, untungnya selama ini begitu keluar ATMnya langsung aku cabut. :D
    pernah membayangkan, kalo kartunya ketelan saat sedang tidak bawa Hp, apa jadinya ya. semoga saja tidak terjadi.

    kok 8 menit sih nduk, hanya 8 detik kok..super cepat.
    Ini memang dirancang untuk pengamanan, khususnya bagi para pelupawan./pelupawati

    • iya, dhe, salah ketik, 8 detik.
      yg repot pas tidak bawa Hp saat ATMnya ketelan.

      langsung pulang.
      Jika ATM ada di supermarket klak akan dihancurkan karena merekma tidak tahu siapa pemiliknya, tetapi jika ATM tertelan di mesin ATM Bank ybs bisa langsung di cek datanya (katanya begitu kemarin)

  5. niken says:

    belum pernah ngalamin… untung pakde share disini, jadi bisa tau harus bagaimana bila terjadi… (semoga tidak aah..)

    iya jeng, ini pengalaman perdana saya sehingga harus idak-idik ke bank untuk membuat yang baru

  6. yayats38 says:

    Dua kali saya mengalami ini Pak. Dulu masih di Jakarta … kebetulan banknya pas di depan Kantor. Jadinya tidak begitu panik karen langsung ke CSnya. Kejadian kedua di Surabaya ini. Lumayan bikin panik he he. Tapiternyata seperti yang Pakde paparkan di atas semuanya mudah untuk berproses. Yang 8 detik ini saya baru tahu … Terima kasih Pak infonya biar gak lupa untuk segera ngambil ketika selesai transaksi.
    Salam :)

    Saya kemarin lagi cari slip pembayaran first media..eee lupa cabut kartu ATM, langsung hlep..tertelan..

  7. Ne says:

    Alhamdulillah saya belum pernah ngalamin kayak gitu Dhe..
    mudah2an sih gak hehe.. yang pernah malah uanganya yang gak keluar, padahal udah kepotong saldonya..
    sama seperti Pakdhe, saya pun menghubungi call center tapi proses pengembalian uangnya cukup lama..

    terima kasih infonya, harus bertindak cepat menghubungi call center ya Dhe..

    selamat pagi selamat Weekend :D

    Iya untuk pengamanannya agar kartu segera di blokir nduk

  8. ke2nai says:

    saran aja pakde, sebaiknya jgn sp nunggu kejadian ATM tertelan baru tau nomer telp bank tsb.. Krn katanya bbrp waktu lalu pernah ada modus penipuan di ATM. Stiker nomer telp bank yg biasa ada di ATM, diganti oleh para penipu dg stiker yg sangat mirip hanya saja nomer telpnya di ganti.. Jd ketika ada kasus ATM tertelan, si korban akan nelp ke nomer telp yg ada di ATM itu.. Kasian kl ternyata yg dia telp adalah nomer telp si penipu

    Betul juga, makanya kalau sedang aman2 begini hafalkan nomor call centernya ya
    atau segera lapor ke banknya langsung

  9. Dani says:

    Karena masalah ATM lagi, jadi inget pengalaman jaman dulu.
    Kartu ATM yang tertelan sebenernya masih bisa dipakai Pak Dhe. Cuman peraturan bank tempat saya kerja dulu kalo ATM tertelan harus langsung dimusnahkan untuk mengamankan nasabahnya.

    Untuk antisipasi penipuan, sebaiknya nasabah tahu call center asli dari bank tersebut Pak Dhe.

    Bener agar tak disalahgunakan oleh yang tak berhak

  10. cumakatakata says:

    alhamdulillah saya gk pernah Pak DE, dan mudah2han gak akan pernah, kejadian ini memang saya wanti2 Pak De, banyak kasusu serupa terjadi pada teman saya, dan saya gak mau kejadian serupa terjadi pada saya, karena oatomatis akan menyita waktu lagi ngurusnya di Bank, saking wanti2nya tangan saya selalu siap untuk ngambil kartu padahal kartunya belum keluar heheheeee…
    emoga gak terjadi lagi ya Pak De..

    suwun infone Pak De, baru tau kalo mesin akan menelan setelah 8 detik,

    Iya mas, jadi repot kalau harus hilir mudik ke bank

  11. damario says:

    Sama pakde,
    Kejadian baru terulangdi saya.
    Panik dan langsung hub costumer service bank. Untuk ada coret2 no rek (perlu nih di dompet).
    Ada catatan tambahan : ternyata atm tersebut akan kembali reset 30 menit setelah menelan kartu. Jadi bisa berfungsi kembali.
    Ini saya dapatkan setelah makan dan kembali lagi ke atm tersebut, eh sudah berfungsi normal kembali.

    mereka menelan kartu katanya setelah sekian detik kartu berada di mulut atm guna menghindari penyalahgunaan oleh orang yang tak berhak

  12. tadi ATM mandiri sy tertelan waktu mau transfer uang gara” bru mw liat no rekening yg ada d hp eh.. malah ngg nyadar bru mw pncet no.x kartu.x udh tertelan.. kaget pngen nangis

  13. zuhri says:

    boong………

  14. kost jogja says:

    yang penting jangan panik dan jangan sampai salah dial nomor call center.jika ingin memblokir, dan jangan beritahukan pin kepada siapapun

    Betul sekali

  15. razy says:

    saya baru ngalamin pakde . .
    sya kan lagi sama tmen sya , yg kbetulan baru bkin ATM . truss dia ga terlalu paham cara pakainya . .
    stelah memasukan pin dan milih nominal yg mau di tarik . . eh ternyata bunyii” . . # kami hanya terdiam , karena kami kira uangnya kluar dlu baru di cabut kartu atm nya . .

    detik” sblum di telan , yg jaga parkir di atm ini lngsng ngasih tau untuk mengambil kartu atm sblum di telan . . ehh malah ke telan -_-

    langsung panik dah . .
    saran nya gmna pakde ?

    Ke bank minta agar atm di blokir
    Buat baru lagi

Leave a comment